Merasa Pusing Ketika Saya Berbohong

Salah satu sumber vertigo yang paling sering, atau perasaan tak terduga bahwa Anda atau ruangan di sekitar Anda berputar, adalah vertigo posisional paroksismal jinak (BPPV).

Vertigo jenis ini terjadi ketika Anda:

    duduk ketika Anda sedang berbaring
    mengangguk, goyang, atau putar kepalamu
    berguling di tempat tidur
    bergerak dari posisi berdiri ke berbaring di punggung atau samping

Meskipun biasanya tidak serius, kondisi ini tidak nyaman dan meresahkan. Untungnya, ini dapat dengan mudah dirawat di kantor dokter Anda.
Apa yang menyebabkan pusing ketika berbaring?

Ada banyak kali ketika penyebab BPPV tidak dapat ditentukan. Ketika seorang dokter dapat mendiagnosis asal vertigo Anda, itu biasanya terkait dengan:

    sakit kepala migren
    cedera kepala, seperti gegar otak
    waktu yang dihabiskan dalam posisi berbaring
    kerusakan telinga bagian dalam
    prosedur pembedahan di dalam telinga
    cairan di telinga
    peradangan
    gerakan kristal kalsium ke dalam saluran telinga Anda
    Penyakit Meniere

Jauh di dalam telinga bagian dalam Anda adalah tiga kanal berbentuk seperti setengah lingkaran, atau dikenal sebagai sistem vestibular. Di dalam kanal adalah cairan dan silia, atau rambut kecil, yang membantu Anda menjaga keseimbangan saat kepala Anda bergerak.

Dua organ lain di telinga bagian dalam Anda, saccule dan utricle, memegang kristal yang terbuat dari kalsium. Kristal-kristal ini membantu Anda mempertahankan rasa keseimbangan dan posisi tubuh Anda dalam kaitannya dengan sisa lingkungan Anda. Tetapi kadang-kadang, kristal ini dapat bergerak di luar organ masing-masing dan ke dalam sistem vestibular. Ketika ini terjadi, itu dapat menyebabkan Anda merasa seperti ruangan di sekitar Anda berputar, atau seperti kepala Anda berputar, ketika Anda menggerakkan kepala atau mengubah posisi.

Ketika kristal telah terlepas dan bergerak di tempat yang tidak seharusnya, ini menyebabkan telinga Anda mengatakan pada otak Anda bahwa tubuh Anda bergerak, yang menciptakan perasaan berputar yang tidak menyenangkan.
Gejala lain apa yang mungkin menyertai pusing saat berbaring?

Gejala BPPV sering datang dan pergi secara sporadis, dan dapat meliputi:

    merasa tidak seimbang
    mengalami sensasi berputar
    pusing ringan sampai berat
    kehilangan saldo
    Mabuk perjalanan, atau mual
    muntah

Kebanyakan episode berlangsung kurang dari satu menit, dan Anda mungkin merasa agak tidak seimbang di antara setiap kejadian. Beberapa orang tidak mengalami gejala apa pun di antara episode vertigo.

Dalam kasus yang parah, vertigo dapat membuat Anda berisiko jatuh dan cedera. Namun, sebagian besar waktu bukanlah kondisi yang serius atau berbahaya.
Kapan harus ke dokter

Vertigo jenis ini datang dan pergi dan tidak membuat Anda merasa pusing setiap saat. Itu juga tidak seharusnya:

    menyebabkan sakit kepala
    berdampak pada pendengaran Anda
    ciptakan gejala-gejala neurologis, seperti kesemutan, mati rasa, masalah koordinasi, atau kesulitan berbicara

Karena ada kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala ini bersama vertigo, penting untuk segera menghubungi dokter jika Anda salah satu dari gejala tersebut.

Dokter Anda dapat menggunakan metode diagnosis yang dikenal sebagai HINTS (Head, Impulse, Nystagmus, dan Test of Skew) untuk membantu mendiagnosis BPPV atau kondisi lain. Ini akan membantu memberi dokter Anda titik awal jika diagnosis Anda ternyata bukan BPPV.
Bagaimana BBPV dirawat?

Perawatan yang paling umum untuk BPPV adalah metode yang disebut manuver Epley. Ini dikembangkan untuk membantu memindahkan kristal kalsium kembali ke area telinga Anda di mana mereka berada. Manuver ini dapat dilakukan baik oleh dokter Anda, spesialis vestibular Anda, atau di rumah, tergantung pada apa yang direkomendasikan dokter Anda atau apa yang Anda sukai.

Jika Anda memiliki masalah pembuluh darah, retina yang terlepas, atau kondisi yang melibatkan leher dan punggung Anda, jangan melakukan manuver Epley di rumah. Anda harus membiarkan dokter membantu Anda dengan teknik ini.

Jika dokter Anda melakukan manuver Epley di kantor, mereka akan:

    Minta Anda untuk memutar kepala Anda 45 derajat ke arah telinga yang terkena
    Bantu Anda pindah ke posisi berbaring, jagalah kepala Anda dan jagalah dengan benar di sisi meja ujian (Anda akan tetap di sini selama 30 detik)
    Putar tubuh Anda ke sisi yang berlawanan 90 derajat (tetap selama 30 detik)
    Putar kepala dan tubuh Anda ke arah yang sama, posisikan tubuh Anda untuk menunjuk ke samping dan kepala Anda di tanah pada 45 derajat (tetap selama 30 detik)
    Bantu Anda dengan hati-hati duduk lagi
    Ulangi posisi ini hingga enam kali hingga gejala vertigo Anda mereda

Untuk melakukan manuver Epley pada diri Anda sendiri di rumah, Anda akan ingin membiasakan diri dengan seperti apa seharusnya posisi dan posisi sebelum memulai. Pelajari video online atau kumpulan foto terlebih dahulu untuk mempelajari setiap langkah untuk Anda sendiri. Untuk ketenangan pikiran dan keamanan, mintalah seseorang hadir saat Anda melakukan manuver jika gejala Anda memburuk selama perawatan diri.

Sebelum memulai, posisikan bantal sehingga akan berada di bawah bahu saat Anda berbaring saat bermanuver. Kemudian:

    Duduklah di tempat tidurmu
    Putar kepala Anda 45 derajat ke arah telinga yang terkena
    Menjaga Anda kepala berbalik, berbaring dengan bahu Anda di atas bantal dan kepala Anda sedikit berbaring di tepi (tetap dalam posisi ini selama 30 detik)
    Dengan hati-hati, putar kepala Anda ke sisi lain hingga 90 derajat, sekarang harus menghadap ke arah lain pada 45 derajat (tetap dalam posisi ini selama 30 detik)
    Gerakkan kepala dan tubuh Anda bersama-sama ke arah yang berlawanan, 90 derajat (tetap dalam posisi ini selama 30 detik)
    Duduklah (Anda seharusnya berada di sisi yang berlawanan dari telinga Anda yang terkena)
    Ulangi hingga tiga kali per hari sampai gejala mereda

Jika manuver Epley tidak berhasil untuk Anda di rumah, beri tahukan dokter Anda. Mungkin dokter Anda mungkin dapat membantu Anda berhasil melaksanakannya di kantor.

Jika pengobatan ini tidak efektif untuk Anda, spesialis vestibular Anda akan mencoba metode lain. Ini bisa termasuk teknik gerakan lain seperti Manuver Reposisi Kanal atau Manuver Pembebasan.
Bagaimana prospek BPPV?

BPPV dapat diobati, tetapi mungkin butuh waktu agar gejala Anda hilang. Bagi sebagian orang, manuver Epley bekerja setelah satu atau dua eksekusi. Bagi yang lain, ini bisa memakan waktu beberapa minggu hingga berbulan-bulan sebelum gejala vertigo Anda mereda atau hilang sama sekali. BPPV bersifat sporadis, tidak dapat diprediksi, dan dapat datang dan pergi, kadang menghilang selama berbulan-bulan pada suatu waktu. Karena itu, perlu waktu, kesabaran, dan observasi sebelum Anda tahu apakah vertigo Anda hilang untuk selamanya.

Jika BBPV Anda disebabkan oleh kondisi selain kristal kalsium yang copot, seperti penyakit kronis atau cedera, mungkin kambuh. Setiap kali melakukannya, penting untuk mencari perawatan yang sesuai dari dokter atau spesialis Anda untuk meringankan gejala Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar