Manfaat Minum Air Panas

Manfaat kesehatan dari meminum air panas

Minum air panas dapat memberikan tubuh Anda air yang dibutuhkan untuk mengisi cairan. Juga dapat memperbaiki pencernaan, mengurangi kemacetan, dan bahkan membuat Anda merasa lebih rileks.

Kebanyakan orang yang minum air panas sebagai obat kesehatan holistik melakukan hal pertama di pagi hari atau tepat sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Air hangat hingga suhu antara 120 ° F dan 140 ° F. Air panas tidak boleh cukup panas untuk melepuh lidah Anda (suhu 160 ° F atau lebih dapat melepuh dan menghasilkan luka bakar yang signifikan).

Tambahkan sentuhan lemon untuk meningkatkan vitamin C, dan Anda sudah berada di jalan menuju kesehatan yang lebih baik.

Berikut 10 cara meminum air panas mungkin bermanfaat bagi Anda.
1. Meredakan hidung tersumbat

Kehangatan air panas menciptakan uap. Menghirup uap lembut ini sambil memegang secangkir air panas dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

Karena Anda memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, meminum air panas dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.
2. Membantu pencernaan

Minum air panas akan menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan Anda. Air adalah, setelah semua, pelumas yang membuat pencernaan Anda pergi. Ketika air bergerak melalui perut dan usus Anda, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan pemborosan.

Air panas juga dapat melarutkan dan membuang hal-hal yang telah Anda makan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh Anda.
3. Menenangkan sistem saraf pusat

Minum air panas dapat menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuh Anda. Ketika sistem saraf Anda siap untuk reaksi yang sehat dan terkendali, Anda akan menemukan bahwa Anda merasakan lebih sedikit sakit dan nyeri, serta lebih sedikit panik sepanjang hari Anda.

Seseorang yang menderita radang sendi mungkin mendapatkan manfaat tambahan dari menggunakan air panas - untuk menenangkan sistem saraf pusat mereka.
4. Membantu meredakan sembelit

Minum air panas membantu usus Anda berkontraksi. Ketika itu terjadi, limbah lama yang terperangkap di usus Anda dapat keluar dari tubuh Anda. Minum air panas secara teratur membantu menjaga Anda, baik, teratur. Tetapi meminumnya sesekali ketika Anda sembelit juga bukan ide yang buruk.
5. Menjaga Anda terhidrasi

Air panas tidak berbeda dengan suhu ruangan atau air dingin ketika harus membuat Anda terhidrasi.

Rekomendasi umum dari otoritas kesehatan adalah bahwa orang dewasa harus minum delapan gelas 8-ons (sekitar 2 liter atau setengah galon) air sehari. Itu adalah target yang sulit bagi banyak orang untuk dipukul.

Memulai hari Anda dengan satu porsi air panas dan mengakhiri hari Anda dengan yang lain akan membuat Anda lebih dekat dengan cukup terhidrasi. Tubuh Anda membutuhkan air untuk melakukan pada dasarnya setiap fungsi penting, jadi nilai itu tidak bisa dilebih-lebihkan.
6. Dapat membantu dalam penurunan berat badan

Minum air panas membangunkan sistem kontrol suhu tubuh Anda. Ketika tubuh Anda mengkompensasi suhu air yang hangat, suhu internal Anda turun, dan mengaktifkan metabolisme Anda.

Air panas juga membantu usus Anda berkontraksi untuk membersihkan produk-produk limbah yang membengkak tubuh Anda, yang menghilangkan "berat air" yang ditakuti.
7. Meningkatkan sirkulasi

Mandi air hangat membantu organ sirkulasi Anda - arteri dan vena - untuk memperluas dan membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh Anda. Minum air panas bisa memiliki efek yang serupa.

Aliran darah yang sehat memengaruhi segala sesuatu mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular. Sebagai bonus, kehangatan dari meminum air panas atau mandi di malam hari dapat membantu menenangkan Anda dan mempersiapkan Anda untuk tidur nyenyak.
8. Dapat menurunkan tingkat stres

Karena minum air panas membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, Anda mungkin akan merasa kurang cemas jika Anda meminumnya. Jika Anda menambahkan beberapa susu hangat ke dalam campuran, Anda mungkin menemukan bahwa Anda merasa lebih tenang daripada setelah minum air panas, menurut sebuah penelitian.
9. Dapat membantu mengurangi racun

Minum air panas untuk sementara waktu menaikkan suhu tubuh bagian dalam Anda. Ketika Anda minum air panas, atau ketika Anda mandi air hangat, sistem endokrin tubuh Anda akan aktif dan Anda mulai berkeringat.

Dan saat berkeringat mungkin tidak nyaman, ini adalah bagian penting untuk menyingkirkan racun dan iritasi yang Anda alami di lingkungan Anda.
10. Membantu meringankan gejala akalasia

Achalasia adalah kondisi di mana kerongkongan Anda mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut Anda.

Orang-orang dengan achalasia (dan dengan esophagitis eosinofilik) mengalami kesulitan menelan dan kadang-kadang merasa seperti makanan “terjebak” (disfagia) di esofagus mereka bukannya bergerak ke perut.

Para peneliti tidak yakin mengapa, tetapi air hangat dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman. Minum air hangat dengan makanan berminyak atau makanan berat daging mungkin sangat membantu untuk orang dengan diagnosis ini.
Batas dan risiko

Minum air panas memiliki banyak manfaat, tetapi itu bukan obat ajaib. Dan minum air yang terlalu panas dapat merusak jaringan di kerongkongan Anda, membakar lidah Anda, dan melepuh lidah Anda. Berhati-hatilah ketika Anda meminum air panas - perhatikan suhu.

Anda tidak boleh minum air panas jika Anda bekerja di iklim panas atau berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa meminum air panas membuat Anda kurang haus. Jika lingkungan atau aktivitas Anda meningkatkan risiko Anda mengalami dehidrasi, beri diri Anda kesempatan terbaik untuk tetap terhidrasi dengan meminum air panas.
The takeaway

Membiasakan minum air panas tidak membutuhkan banyak pekerjaan. Memulai hari Anda dengan air yang telah direbus dan dibiarkan menjadi dingin adalah cara mudah untuk mengganti kopi pagi Anda.

Tambahkan sesi ringan peregangan ke rutinitas Anda, dan Anda akan merasa lebih bersemangat dan lebih siap untuk menghadapi hari Anda.

Jika rasa air hangat tidak menarik bagi Anda, tambahkan sentuhan jeruk - seperti lemon atau jeruk nipis - ke minuman sebelum Anda meminumnya.

Minum air hangat sebelum tidur adalah cara yang bagus untuk bersantai setelah hari yang sibuk. Mengetahui manfaat kesehatan akan membuat Anda tidur nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar