Apple Cider Vinegar untuk Sakit Tenggorokan

Virus, bakteri, dan bahkan alergi bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Kebanyakan sakit tenggorokan sembuh dengan sendirinya, tetapi perawatan di rumah dapat membantu Anda merasa lebih baik saat Anda pulih.

Beberapa orang mengklaim cuka sari apel (ACV) dapat membantu meringankan sakit tenggorokan. ACV adalah cairan fermentasi yang terbuat dari apel yang dihancurkan. Namun, ada sedikit data ilmiah untuk mendukung klaim ini.

Penelitian telah menemukan ACV memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat membantu dengan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun, infeksi bakteri biasanya membutuhkan antibiotik. Virus menyebabkan sebagian besar sakit tenggorokan, bukan bakteri. Antibiotik tidak dapat mengobati infeksi virus.

Meskipun kurangnya data ilmiah, ada bukti anekdotal bahwa ACV dapat membantu meringankan sakit tenggorokan bagi sebagian orang.
Rematik ACV buatan sendiri dan penggunaannya

Ada banyak obat ACV yang dipromosikan sebagai pereda sakit tenggorokan. Anda mungkin ingin bereksperimen untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda. Berikut beberapa yang dapat Anda coba di rumah:
Cuka sari apel dan madu

Coba campurkan 1 sendok makan ACV dan 2 sendok makan madu dalam cangkir besar air hangat. Madu dapat membantu menekan batuk juga.
Teh ACV alami

Tambahkan 1 hingga 2 sendok teh ACV dan jus lemon ke air hangat dengan kantong teh hijau. Teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan dan juga tinggi antioksidan. Lemon juga merupakan sumber vitamin C yang baik.
Teh tonik

Buat teh hangat dengan mencampur 1 hingga 2 sendok teh ACV dengan bagian yang sama madu dan minyak kelapa. Tambahkan jahe bubuk secukupnya, dan campur dengan air.
Berkumur

Tambahkan 1 hingga 2 sendok teh ACV dan garam ke air hangat. Berkumurlah selama 20 hingga 30 detik dua hingga tiga kali sehari untuk menghilangkan sakit tenggorokan.
Cabai rawit dan teh ACV

Tambahkan 1 sendok teh ACV, cabe rawit, dan satu sendok sehat madu yang menenangkan tenggorokan ke dalam air hangat. Anda juga dapat mencoba teh akar licorice yang menenangkan, alih-alih air. Cabe rawit pedas dapat membantu mengurangi peradangan.
Manfaat cuka sari apel untuk kondisi terkait (radang tenggorokan, dingin, dan gejala flu)

Sama seperti tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan kemampuan ACV untuk menenangkan atau menyembuhkan sakit tenggorokan, juga tidak ada bukti pasti yang membuktikan itu membantu kondisi lain, seperti radang tenggorokan, selesma, atau flu. Namun, pendukung pengobatan rumah ACV mengklaim memiliki manfaat sebagai berikut:

    ACV menciptakan lingkungan basa di dalam tubuh. Ini dapat membantu membunuh beberapa bakteri dan virus. Jenis kuman ini berkembang dalam lingkungan yang lebih asam.
    Organic, cold-pressed ACV mengandung benang halus, yang disebut “ibu.” Sang ibu adalah zat probiotik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    ACV dapat membantu sekresi lendir tipis, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

Efek samping dan risiko cuka sari apel

ACV dianggap aman asalkan dilarutkan saat dikonsumsi. ACV murni dapat membakar dan menyebabkan kerusakan pada esofagus dan lapisan lambung. Orang dengan refluks asam, sakit maag, atau yang sering mengalami sakit maag tidak harus menggunakan ACV.

 Kapan mengunjungi dokter Anda

ACV dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan dan bahkan mungkin meringankan penyebab sakit tenggorokan. Namun, jika gejala Anda tidak membaik dalam beberapa hari atau jika memburuk, temui dokter Anda. Cari bantuan medis jika sakit tenggorokan Anda disertai gejala flu, seperti demam tinggi dan nyeri otot.
The takeaway

Bukti anekdot menunjukkan bahwa ACV dapat membantu mengurangi gejala sakit tenggorokan. Namun, data ilmiah masih kurang.

Meski begitu, Anda mungkin ingin mencoba ACV untuk melihat apakah itu membantu meringankan ketidaknyamanan yang terkait dengan sakit tenggorokan. Selalu pastikan untuk melarutkannya sebelum menelannya. ACV bisa berbahaya sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar